Pada saat ini ada banyak sekali jenis website yang bisa Anda temukan bahkan hampir semua perusahaan di Indonesia baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil semua telah memiliki website dan semuanya memiliki fungsi tersendiri tergantung tujuan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan atau bisnis yang dijalankan. Beberapa website berfungsi untuk menjalankan bisnis dengan menjual produk atau jasa, sementara website lainnya dibuat untuk menyebarkan informasi atau menjelaskan profil seseorang atau perusahaan itu sendiri.

Apa itu Website?

Ketika kalian berselancar dalam mesin pencari google, bing, yahoo ataupun mesin pencari lainnya tentu kalian akan menemukan banyak berbagai konten tergantung keyword atau kata kunci apa yang kalian masukkan. Maka mungkin itu bisa memberikan kalian gambaran kecil tentang apa sebenarnya website itu. Secara sederhana, website bisa didefinisikan sebagai kumpulan halaman yang memuat berbagai bentuk data dan informasi baik itu berupa teks, gambar, suara, video maupun yang lainnya.
Biasanya sebuah website itu dapat dibuat ataun dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman yang bervariasi seperti HTML, PHP, Ruby On Rails, Java, Python dan lain-lain tergantung developer dari perusahaan ataupun pihak katiga yang menyediakan jasa pembuatan website seperti Opatbelas IT Solution. Saat ini banyak perusahaan yang maju dengan menjalankan bisnisnya dengan bantuan dari sebuah website, baik itu website yang digunakan sebagai proses bisnis utamanya seperti marketplace ataupun website yang digunakan sebagai media informasi untuk memasarkan sebuah produk atau jasa.

Jenis-jenis Website

Jenis-jenis website berdasarkan sifatnya terdapat dua jenis yang bisa dijadikan pilihan ketika akan membangun sebuah website.

Website Statis

Secara sederhana kita dapat membedakan jenis website yang statis dan jenis website dimanis, website statis dapat didefinisikan sebagai website yang kontennya konstan/tetap atau tidak berubah. Setiap laman dibuat dengan kode HTML & CSS untuk style websitenya dan menunjukkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung. Kekurangan dari website statis ini yaitu jika kita ingin memperbaharui konten dari website tersebut kita harus mengerti kode HTML ataupun CSS dalam memperbaharuinya, atau jika kalian menggunakan jasa developer atau pihak ketiga seperti Opatbelas IT Solution kalian tidak perlu khawatir cukup hubungi developer atau pihak ketiga yang kalian percaya.

Karena website statis tidak membutuhkan update konten secara berkala, website statis tidak memerlukan database. Biasanya website statis digunakan untuk website perusahaan yang hanya perlu memberikan informasi-informasi dasar seperti profil, sejarah perusahaan ataupun kontak perusahaan.

Website Dinamis

Sedangkan website dinamis merupakan website yang kontennya selalu diperbaharui secara berkala. Pada saat ini sebagian besar website yang digunakan perusahaan bersifat dinamis karena lebih mudah dikelola dibandingkan website statis. Keuntungan kalian menggunakan website dimanis tentunya orang yang awam sekalipun dalam kode HTML & CSS dapat memperbaharui konten dari website tersebut. Walaupun biasanya tidak semuanya bisa dilakukan orang tersebut tergantung yang role atau tugas apa saja yang berikan webmaster atau developer sebelumnya.

Fungsi dan Kegunaan Website

Berdasarkan sedikit penjelasan diatas kalian sudah dapat menyimpulkan apa saja fungsi serta kegunaan dari sebuah website untuk bisnis atau perusahaan saat ini. Untuk itu apa saja sih manfaat dan kegunaan yang bisa kita dapatkan dari sebuah website? Berikut ini sedikit penjelasannya :

  • Website berfungsi dan berguna sebagai sarana untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah produk ataupun jasa. Dengan memanfaatkan layanan internet dan website maka perusahaan kalian ataupun bisnis kalian akan memiliki jangkauan yang sangat luas baik itu diwilayah Indonesia maupun diluar negeri, maka dengan memasarkan produk maupun jasa melalui website merupakan salah satu cara paling efektif dan banyak disukai. Dengan kalian membuat website juga kalian dapat langsung berinteraksi dengan pelanggan, melalui sebuah website maka komunikasi antara pebisnis dengan pelanggan yang jaraknya jauh pun bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, tentu itu merupakan suatu keuntungan dalam meningkatkan bisnis kalian.
  • Website berfungsi dan beguna sebagai media informasi, contohnya seperti tulisan yang Kami buat saat ini merupakan sebuah informasi bagi kalian yang mencari informasi mengenai apa itu website ataupun apa itu fungsi website untuk perusahaan atau bisnis saat ini. Pada saat ini sebuah website berfungsi dan berguna sebagai media informasi dalam memasarkan sebuah brand agar terkenal ataupun sekarang dalam tahun politik ini banyak dibangun website untuk memberikan informasi seorang tokoh politik dalam mempromosikan diri dan memberikan informasi untuk visi, misi serta program kerja yang ditawarkan agar banyak yang memilih tokoh tersebut.
  • Website berfungsi dan berguna sebagai media hiburan, tidak jauh berbeda dengan kedua fungsi sebelumnya website juga dapat digunakan untuk menyampaikan konten hiburan kepada audiens. Beberapa di antaranya adalah berita online, kabar mengenai selebriti, musik, film, seni, humor dan masih banyak lagi tergantung dari proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Demikian sedikit pembahasan yang bisa kami berikan mengenai apa itu website, jenis-jenis website dan fungsi serta kegunaannya untuk bisnis ataupun perusahaan saat ini. Semoga setelah membaca artikel ini kalian bisa paham dan mengerti serta manfaat yang dibawanya. Jika kalian berminat atau mencari jasa pembuatan website Opatbelas IT Solution siap membantu bisnis Anda dan Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai artikel ini kalian bisa tanyakan dikomentar.